Senin, 14 Maret 2016

BMW Masih Pimpin Pasar Premium Global



Munich, KompasOtomotif – BMW AG masih mempertahankan diri sebagai pimpin pasar mobil premium global dalam dua bulan pertama 2016, dengan hasil 316.846 unit, naik 7,7 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya. Meski masih sementara, persaingan ketat terus dilayangkan merek rival satu negara, Mercedes-Benz dan Audi.
Pada Februari lalu, merek Bavarian itu mencatatkan hasil penjualan 163.965 unit atau naik 7,9 persen dibandingkan periode sebelumnya. Mercedes-Benz menempel dengan perolehan 143.767 unit (naik 11,8 persen) dan Audi menggenggam podium ketiga dengan 126.500 unit (naik 3,3 persen).
Kekuatan penjualan BMW terjadi di pasar Eropa, mengalami lonjakan sampai dua digit, tepatnya 11,4 persen dengan hasil 277.304 unit periode Januari-Februari 2016. Bahkan, prestasi ini (tumbuh dua digit) berhasil ditorehkan di beberapa negara, seperti Italia (12,4 persen), Perancis (13,2 persen), dan Spanyol (22,5 persen).

Mercedes-Benz pada periode sama (Januari-Februari 2016), menjual 303.905 unit mobil di seluruh dunia, melesat 15,6 persen. Sedangkan Audi berhasil tumbuh 3,6 persen dengan catatan 269.650 unit.
Di Amerika Utara, pada Februari 2016, BMW berhasil menjual 25.337 unit mobil, termasuk merek Mini. Hasil ini agak mengecewakan, anjlok 12,4 persen dari sebelumnya  28.921 unit. Mercedes-Benz masih bertahan positif, naik 0,4 persen dengan torehan 26.852 unit, sementara Audi 14.450 unit.

BMW masih mengandalkan beberapa model sport utility vehicle (SUV) sebagai model terlaris, dengan jajaran portofolio, semacam X1, X3, Seri-1, dan Seri 2. Tak jauh berbeda, Mercedes-Benz fokus pada model unggulan, seperti A-Class, B-Class, CLA, GLA, dan GLC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar