Kamis, 10 Maret 2016

Rio Haryanto: Saya Ingin Membalap Satu Musim Penuh



Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, memiliki keinginan untuk berlaga bersama tim Manor Racing selama satu musim penuh dalam ajang Formula 1 edisi 2016.

Sebelumnya, sebuah kabar sempat muncul bahwa Manor akan menggunakan empat pebalap sekaligus dalam satu musim. Selain Pascal Wehrlein yang sudah memastikan tempat di tim Manor, tiga calon pebalap lainnya adalah Rio, Alexander Rossi (Amerika Serikat), dan Will Stevens (Inggris).

Jika benar demikian, artinya Rio hanya akan membalap sebanyak tujuh dari 21 seri pada ajang F1 2016, dengan syarat masing-masing pebalap harus menyetor biaya 5 juta euro (sekitar Rp 74,6 miliar).

Skenario tersebut sesuai dengan aturan Pasal 26 ayat 1 yang berbunyi, "Selama satu musim, setiap tim diizinkan menggunakan empat pebalap."

Akan tetapi, Rio mengatakan, Manor belum memberikan pernyataan apa pun mengenai hal tersebut. Pebalap berusia 23 tahun itu justru masih berharap bisa mengikuti secara penuh ajang F1 2016.

"Saya ingin bisa berlaga satu musim penuh, tak hanya beberaparace. Saya masih memerlukan dukungan dari semua pihak. Ini untuk Indonesia, tak hanya untuk saya," kata Rio saat ditemui di Gedung Recapital, Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Selain itu, Rio juga menyatakan keinginannya untuk dapat mengikuti latihan pramusim sebelum berlaga dalam ajang F1 2016. Terdapat dua agenda pramusim yang akan digelar di Barcelona, Spanyol, yakni 22-25 Februari dan 1-4 Maret.

Kepastian Rio bakal berlaga dalam ajang F1 2016 memang masih abu-abu. Pihak Rio baru menyetor uang muka sebesar 3 juta euro (sekitar Rp 45 miliar) dari total 15 juta euro (Rp 225 miliar).

Manor menjadi satu-satunya tim yang belum mengumumkan susunan pebalap secara penuh untuk F1 2016. Mereka diperkirakan merilis kepastian pada 22 Februari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar